Tips mendidik anak yang bandel...

Mendidik anak memang harus sabar dan telaten. Bagaimana tidak...anak sekarang lebih susah diatur dan banyak maunya. Kalau mau dituruti semua keinginannya..itupun bukan solusi yang baik...karena bisa-bisa anak kita menjadi manja....dan egoisnya lebih tinggi lagi. Solusinya ya...di kombinasi keras dan lunak. Syukur-syukur diajak bicara dari hati ke hati.

Dalam istilah jawa...mendidik anak itu seperti melengkungkan kayu...kalau terlalu keras...maka salah-salah kayunya bisa patah. sayang kan ...bila anak yang kita kasihi dan sayangi..menjadi anak yang salah jalan. Anak yang lebih percaya kepada orang luar dibandingkan percaya dengan kita selaku orang tua.

Tips ini juga yang saya terapkan dalam mendidik anak saya. Kadang perlu juga keras untuk menegakkan disiplin. Namun harus dibarengi sikap lembut dan bisa meluluhkan hatinya.

Kita kasih tahu apa manfaatnya....apa keburukannya. Jadi anak yang baik itu gimana...dst.

Terus terang...saya lebih kawatir kepada akhlak anak saya nantinya dibandingkan anak saya nggak dapat pendidikan tinggi dan pekerjaan yang banyak menghasilkan uang.

Lihatlah jaman sekarang...begitu banyak orang yang terjerumus dalam perilaku kemaksiatan dan memuja hawa nafsu. Kehidupan yang hanya mau senangnya aja. Yang penting gue suka. Benar-benar jaman edan. Kalau kita tidak mempersiapkan anak-anak kita mulai dari kecil....bukan tidak mungkin anak kita nanti akan tergerus oleh sikap modernisme yang salah kaprah tersebut.

Demikian tips mendidik anak kali ini semoga bermanfaat....

Komentar